Diposkan pada Event

RAMBU 2018 : Penuh dengan Kehangatan

Rekoleksi Awal Mahasiswa Baru (RAMBU) 2018 sukses terlaksana pada tanggal 8 sampai 9 September 2018, mulai dari technical meeting  hingga akhir kegiatan, menyisakan banyak cerita. Kegiatan untuk mahasiswa baru (maba) Katolik Universitas Negeri Semarang (UNNES)  ini terlaksana di Bukit Lerep Indah, Ungaran (BLI).

Pada hari pertama (8/9), peserta dan panitia berkumpul di depan dekanat Fakultas Ekonomi mulai pukul 07.00 WIB, sementara sebagian panitia ada yang sudah berangkat terlebih dahulu ke lokasi dan sebagian lainnya berangkat bersama peserta menggunakan truk. Tepat pukul 09.00 WIB mereka berangkat ke BLI. Setibanya di sana mereka menurunkan barang-barang dari truk yang mereka tumpangi. Kemudian alat komunikasi peserta dan semua penugasan kelompok dikumpulkan dan diserahkan kepada pendamping masing-masing kelompok. Setelah itu masing-masing peserta diberikan booklet yang telah disiapkan panitia.

Serangkaian kegiatan di hari pertama RAMBU ini diawali dengan ibadat pembuka yang dipimpin Arsenius Olfa, lalu setelah itu mereka saling berkenalan antarsesama maba dengan permainan yang telah direncakan panitia, yaitu permainan Rantai Nama. Setelah suasana tercairkan dan setelah game  ringan peserta kemudian diarahkan untuk mengeluarkan bakpao yang sudah mereka bawa dan makan bersama dengan saling menyuapi satu sama lain secara berurutan.

Sebelum acara dilanjutkan, panitia membacakan peraturan yang berlaku selama kegiatan RAMBU berlangsung serta menyamakan jam panitia dengan peserta. Kemudian acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Carisa Sakanti selaku ketua panitia RAMBU 2018. Saat jam sudah menunjukkan pukul 12.00 WIB, maka semua yang ada diruangan berdoa Malaikat Tuhan. Lalu dari salah satu panitia memperagakan jargon RAMBU dan diikuti oleh peserta serta menyanyikan theme song RAMBU “Hari ini Kurasa Bahagia”. Setelah itu dilanjutkan dengan makan siang dan sambutan dari Katarina Putriaji Hendikawati, S.Si, M.Pd, M.Sc selaku dosen pendamping  UKKK UNNES.

Sebelum masuk ke materi pertama, peserta diajak ice breaking “kandang domba” dan “polisi-polisi”. Lalu, materi pertama “Who am I?” dibawakan oleh Romo Vincentius Yudho Widianto, Pr. Dalam sesi ini, peserta diajak untuk mengenali dirinya masing-masing, tentang apa kelebihan dan kekurangannya. Ada empat karakter manusia yang dipaparkan yaitu Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Plegmatis. Setelah materi pertama, peserta disuguhi snack sebelum masuk ke sesi berikutnya.

Kemudian dilanjutkan sesi BPH dan peserta disuguhi dengan penampilan video Badan Pengurus Harian (BPH) UKKK UNNES terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan perkenalan BPH dan program kerjanya. “Dari sana saya tertarik ikut serta dalam kegiatan UK3 terutama ANSOS (Analisis Sosial), saya ingin seperti itu juga ngajar dan memberikan materi”, tutur Atanasia Lisa Bulan salah satu peserta RAMBU.

Materi kedua “Seputar UKKK dan Gereja Sampangan” dibawakan oleh Phoa Wily Angpujana. Diawal sesinya Phoa memberi pertanyaan kepada peserta untuk menjalin interaksi, di mana peserta yang berhasil menjawab dengan benar diberi hadiah. Setelah sesi materi, peserta diarahkan ke lapangan untuk dinamika kelompok dengan bermain game “Ballon Attack”. Dalam game tersebut dinamika antar peserta mulai terlihat dan keakraban pun terasa ketika sedang bermain. Karena sore hari sudah tiba, peserta diminta untuk bersih-bersih diri untuk kemudian melanjutkan kegiatan berikutnya.

Pukul 17.30 peserta disuguhi snack. Lalu dilanjut dengan permainan, “Siapa yang Paling Panjang? Pukul 18.15 peserta diarahkan kembali ke aula untuk melanjutkan acara, kali ini sesi dibawakan oleh Komisi Kerasulan Mahasiswa (KOKERMA). Sebelum masuk ke lapangan Welcoming Party (WP), beberapa alumni dari UKKK mengisi sesi. Selagi alumni mengisi sesi, panitia WP menyiapkan lapangan untuk menjadi panggung peserta. Setelah sesi alumni selesai, peserta diberi waktu untuk latihan WP sebelum akhirnya mereka tampil.

Setelah persiapan dari panitia WP selesai, peserta diarahkan menuju lapangan WP. Dengan mengusung tema “Etnik” panggung WP dan dekorasinya penuh dengan ‘kejawaan’.  Acara dibawakan oleh master of ceremony Arsenius Olfa dan Ian Lasariano. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan setiap kelompok, setiap penampilan dari kelompok disambut dengan tepuk tangan kelompok lain dan juga panitia, ada yang menampilkan drama, perkusi, pantomim, dan juga dance. Setelah penampilan kelompok usai, acara ditutup dengan menyalakan kembang api. Setelah WP, peserta kembali diarahkan ke aula untuk istirahat.

Hari kedua RAMBU diawali dengan senam pagi, setelah senam peserta  melanjutkan dengan sarapan pagi di tepi kolam renang. Lalu dilanjutkan dengan outbond yang dikoordinir oleh Koordinator Fakultas (KORFAK) dan Yosafat Didik sebagai time keeper, ada beberapa outbond yang disediakan KORFAK seperti jaring laba-laba yang dijaga oleh Angela Merici dan Andy David, jembatan buaya yang dijaga oleh Yohanes De La Cruz Gilang dan Silvester Danu, menara air dijaga oleh Maria Berliana Naibaho dan Theresia Miracela, karpet terbang dijaga oleh Eleonora dan Yudha Lintha Tarigan, lalu ada sesi pengandaian yang diisi oleh semua anggota KORFAK, dan outbond terakhir bernama cahaya kemenangan yang  menguji kekompakan satu angkatan agar selalu mendukung satu sama lain di mana mereka di minta untuk membawa lilin menyala sampai ujung kolam renang sementara panitia berusaha menyerang mereka dengan menyiramkan air.

Setelah asik berdinamika bersama lalu dilanjutkan dengan misa penutup yang dipimpin oleh Romo Vincentius Yudho Widianto dan diikuti oleh semua peserta dan panitia RAMBU 2018 dalam homilinya romo mengatakan bahwa “Menyebar gosip sama dengan pembunuhan” maka dari itu kita semua diminta untuk selalu menyebarkan kebenaran seperti yang telah diajarkan Tuhan Yesus.

Akhir acara peserta diberikan hadiah, ada beberapa nominasi yaitu kelompok terheboh, kelompok terhebat, kelompok terkreatif, penampilan WP terbaik, dan putra putri RAMBU 2018. Lalu ditutup dengan acara kesan pesan kepada teman-teman satu angkatan. Selamat datang keluarga baru UKKK UNNES, ditunggu kontribusinya untuk melayani bersama di UKKK. Tuhan Memberkati.

Saat sesi foto bersama
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s