Diposkan pada Event

Rambu 2017 Penuh dengan Cerita

Rambu 2017, mulai dari TM hingga akhir pelaksanaan, menyisakan banyak cerita. Kegiatan untuk mahasiswa baru (maba) Katolik UNNES ini terlaksana di Bukit Lerep Indah Ungaran mulai Sabtu (16/9) siang.

Mereka berkumpul di BNI mulai pukul 08.00 WIB, sementara sebagian panitia ada yang sudah berangkat terlebih dahulu ke lokasi dan sebagian lainnya berangkat bersama peserta menggunakan truk. Tepat pukul 09.15 WIB mereka berangkat ke BLI setibanya di sana bahu membahu mereka menurunkan barang-barang dari truk yang mereka tumpangi. Serangkaian kegiatan di hari pertama RAMBU ini diawali dengan Ibadat pembuka yang dipimpin Arsenius Olfa lalu setelah itu mereka saling berkenalan antarsesama maba dengan permainan yang telah direncakan panitia.

Jargon “Satu Kasih, Satu Jiwa, Satu Tujuan” dan theme song Sahabat Sejati Sheila On 7 dinyanyikan bersama seusai Sambutan dan Perkenalan panitia. Sebelum masuk ke sesi pertama, energi mereka diisi dengan santapan makan siang yang telah disiapkan. Lalu, materi pertama “Who am I?” dibawakan oleh Wakil Rektor 4 UNNES, YL. Sukestiyarno. Beliau memberi kiat-kiat sukses, rahasia mendapat beasiswa luar negeri, dan memotivasi maba agar mampu bersaing dengan mahasiswa lainnya dalam bidang akademik maupun non akademik. Setelah sesi pertama berlangsung, peserta beristirahat sebentar sembari menikmati snack sebelum masuk ke sesi berikutnya.

Materi kedua “Seputar UKKK Unnes dan BPH 2017” diawali dengan sambutan oleh ibu Katarina Putriaji Hendikawati, S.Si, M.Pd, M.Sc selaku dosen pembimbing UKKK Unnes hingga sekarang. Lalu dilanjutkan perkenalan BPH UK3 dengan menggunakan bahasa daerah masing-masing diawali dari BPH Inti. Badan yang lengket sudah mulai terasa hingga tibalah waktunya untuk mereka membersihkan diri.

Sebelum matahari tiba, mereka berkumpul kembali didepan aula untuk bermain game kelompok agar mereka semakin akrab satu sama lain. Makan malam sudah siap segera mereka menyantapnya, makan malam ini diletakkan dalam satu tampah dan mereka makan bersama-sama dengan kelompoknya. Sembari menunggu alumni berdatangan, mereka melakukan persiapan Welcoming Party (WP) sesuai penampilan kelompok masing-masing, ada yang akustik, drama, dan lain-lain.

Kemudian masuklah ke sesi alumni UK3, alumni berkenalan dan bercerita suka duka mereka bergabung di UK3, di penghujung sesi ini alumni mengajak seluruh peserta dan panitia untuk berdiri dan menyanyikan theme song RAMBU, tampak seru sekali. Setelah berjam-jam didekorasi akhirnya tempat WP siap untuk digunakan. Tempat Welcoming Party begitu indah disuguhkan foto peserta diawal pintu masuk, pohon-pohon sekitar dihiasi lampu kelap kelip, dan juga lampu sorot yang mengarah ke panggung begitu memukau mata peserta dan panitia, good job Departemen Seni dan Rekreasi, kalian hebat. Penampilan demi penampilan setiap kelompok diberi tepuk tangan yang meriah, ada juga salam-salam dari peserta atau panitia yang mungkin malu-malu untuk menyampaikan secara langsung, duel stand up comedy antara Julius Credo dan Arsenius Olfa juga turut meramaikan malam penyambutan ini, terlihat peserta begitu terhibur. Penampilan flashmob dari panitia mengakhiri welcoming party ini.

Keesokan harinya setelah bangun dari tidur, peserta diajak untuk senam dan lari kecil bersama di area BLI. Lalu mereka membersihkan diri sembari persiapan untuk outbond, setelah itu mereka sarapan bersama di halaman depan aula. Setelah mendapat pengarahan outbond, peserta didampingi pendamping kelompoknya berangkat ke tempat outbond, di sana ada 3 pos dan 1 pos bayangan yang harus dilalui peserta, di mana di setiap pos mereka harus menyerukan yel-yel dan jargon kelompoknya. Kerjasama, kekompakan, dan kesabaran mereka diuji setiap memasuki pos. Outbond diakhiri dengan game satu angkatan untuk menjaga 1 lilin dengan strategi mereka sementara panitia berusaha mematikan lilin itu, nampak antusias dan usaha mereka menjaga lilin tersebut karena dua kali gagal dan mereka tidak patah semangat untuk mencoba lagi sampai akhirnya mereka berhasil membawa lilin ke garis finish dan membakar tali rafia yang telah disiapkan hingga turun tulisan RAMBU’17.

Setelah basah-basahan mereka membersihkan diri dan packing barang-barang lalu check out dari penginapan dan bersiap untuk mengikuti Ekaristi. Tepat pukul 12.00 WIB, Ekaristi dimulai dengan dipimpin oleh Romo Aloysius Budi Purnomo, Pr dan diiringi koor dari Ukacho. Dalam homilinya Romo Budi menceritakan relasinya dengan Unnes yang sudah terjalin sejak lama, terlebih lagi beliau senang bisa diundang untuk hadir di tengah-tengah umat Katolik Unnes. Beliau juga membawa oleh-oleh Saxophone dan memainkan lagu Janji-Mu Seperti Fajar, peserta dan panitia pun ikut bernyanyi dan kagum melihat penampilan romo Budi, di akhir homilinya Romo Budi berpesan agar kita selalu melakukan segala sesuatu dengan berlandaskan cinta kasih agar tercapai tujuan yang indah. Lalu peserta mengisi tenaga dengan makan siang yang telah disiapkan sebelum energinya terkuras untuk menuliskan kesan dan pesan. Satu persatu maba berdiri sesuai nama yang dipanggil oleh panitia, sementara itu peserta lainnya menuliskan kesan dan pesan untuk peserta yang berdiri tersebut. Dua jam berlalu setelah kesan dan pesan, tibalah saatnya untuk memberikan award kepada Kelompok Terbaik, Cocard Terbaik, Jargon Terheboh, dan Putra Putri Rambu tahun ini. Akhirnya setelah truk yang menjemput mereka tiba, mereka mengakhiri kegiatan RAMBU ini dengan doa penutup. Terima kasih kepada seluruh mahasiswa baru yang sudah meramaikan dan berpartisipasi menyukseskan acara ini, selalu semangat dan tetap kompak. Terima kasih kepada panitia, alumni, dosen dan karyawan karyawati Unnes yang telah membantu baik dari materi, dukungan, maupun yang lainnya sehingga acara RAMBU dapat berjalan sesuai yang telah direncanakan. Tuhan Memberkati.

Keseruan saat outbond berlangsung
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s